√ Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, 10


Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, 10

Mengatasi Blue Screen Windows.

Mengatasi Blue Screen Windows - Bagi sebagian pengguna PC atau Laptop, bluescreen adalah hal yang sangat menakutkan dan menjadikan kebimbangan yang sangat sensitif. Apalagi kalau laptopnya masih baru. Kan panik.

Sebelumnya nih, udah pada tau belum apa itu bluescreen? Okdeh, daripada kita basa-basi, mending kita jabarin dulu sedikit tentang apa itu bluescreen ya sobat bacaberdua.

Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, 10.

Jadi Blue Screen of Death atau disingkat BSOD adalah cara dimana sistem windows memberitahu kepada user bahwa ada kerusakan pada hardware atau sofware yang kita gunakan. Beberapa kerusakan tersebut akan diberikan istilah atau kode sesuai dengan permasalahannya. Beberapa kerusakan yang menyebabkan munculnya bluescreen antara lain:
  • Kesalahan pemasangan pada hardware. Misalah seperti RAM yang tidak terpasang penuh, atau kabel SATA yang tidak terisi dengan baik.
  • Masalah pada konektor USB atau LAN.
  • Error pada sistem Harddisk
  • Software yang mengalami BUG yang menyebabkan kelemahan pada berjalannya sistem.
  • Error pada file regristry.
Nah, sebenarnya banyak lagi permasalahan yang dapat menimbulkan bluescreen dengan berbagai macam code yang ditampilkan pada layar biru tersebut. Namun setiap penyelesainnya kerap menggunakan hal yang sama. Disini admin akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi beberapa gejala yang meninbulkan bluescreen yang umum didapati.

Mengatasi Blue Screen Windows. 

1. Melakukan Pengecekan Pada Hardware

Hal yang pertama sobat baca berdua lakukan adalah mengecek, apakan harddisk atau ram sudah terpasang dengan betul. Biasanya pada laptop yang sudah lama tak terpakai, kondisi ram akan terganggu dengan adanya debu yang menutupi pin ram tersebut. Juga pada harddisk, apabila sering dipindah-pindah, kemungkinan kondisi getaran akan membuat harddis terlepas dari pemasangannya
-Lepaskan harddisk atau ram kemudian bersihkan dan pasangkan kembali

2. Mengatasi dengan Rebuild BCD

Ketika menghidupkan perangkat kamu, dan menemukan bluescreen dengan kdoe 0xc000000f, kamu dapat melakukan perbaikannya dengan membangun kembali pondasi BCD. Kesalahan dengan error ini sistem OS tidak akan membaca data config booting. Error ini terjadi ketika sektor boot bermasalah, baik karena virus, atau listrik yang padam tiba-tiba, atau bahkan file corrupt. Berikut cara mengatasinya:
  1. Hidupkan ulang perangkat kamu.
  2. Masukkan CD atau USB instalasi windows
  3. Kemudian jalankan file instalasi windows.
  4. Saat muncul screen installer, pilih "repair your computer" pada pojok kiri bawah.
    Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, 10
  5. Kemudian muncul jendela baru, lalu pilih Troubleshoot.
    Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, 10
  6. Selanjutnya, pilih Advanced option. Lalu pilih Command Prompt.
Pada Command Prompt, ketikkan kode berikut

          - bootrec /fixMbr
          - bootrec /fixBoot
          - bootrec /ScanOS
          - bootrec /RebuildBCD

Tekan enter pada tiap-tiap perintah. Jika sudah, ketikkan exit, dan restart.
Jika cara ini tidak dapat memperbaiki BSOD, kemungkinan banyak sektor lain yang juga terkena masalah pada perangkat kamu. Dan solusi terakhirnya adalah dengan menginstall ulang perangkat.
Itu saja yang dapat Admin bagikan kali ini. Sekian dan Terima kasih.

Berlangganan via Email