Widget HTML Atas

Solusi Laptop Lemot Untuk Semua Windows


Solusi Laptop Lemot
Apakah kalian mengalami kesusahan saat laptop lemot ? Lemotnya malahan di waktu deadline, auto stress pastinya. Dengan adanya masalah ini, banyak orang yang mulai meninggalkan pc ataupun laptopnya. Banyak yang melakukan instal ulang, akan tetapi masih menemukan masalah ini juga.

Malah ada juga yang baru saja membeli laptop, tapi tetap aja lemot.
Tapi jangan langsung pergi meninggalkan laptop yang lemot itu.

Kalian perlu mempelajari apa sih penyebab yang membuat laptop kamu menjadi begitu lemot.Sebelum mengatasi sesuatu, perlu diketahui apa sebenarnya yang membuat laptop menjadi sangat lemot, sebelum memberikan solusi saya akan membahas beberapa hal yang membuat laptop anda menjadi sangat lambat.

Penyebab laptop yang sering lemot

Apa yang membuat laptop menjadi lemot ? Berikut ini akan kami paparkan beberapa hal yang membuat laptop kamu menjadi sangat lambat. Mari disimak.

1. Usia Hard Disk

Solusi Laptop Lemot
Yang paling umum adalah usia hardisk, HDD yang sudah lama juga berpengaruh terhadap peforma laptop atau pc kesayanganmu loh.


2. Terlalu Banyak Program Pada Desktop

Banyaknya program yang berjalan di startup, program yang berjalan di belakang background akan mebuat pc atau laptop menjadi lebih berat, semakin banyak program pada startup, maka akan membuat proses booting makin lama.

3. Ukuran RAM Kecil

Solusi Laptop Lemot
Kapasitas RAM kecil, mungkin ram yang kamu miliki pada pc atau laptop masih kisaran 2 GB ataupun 4GB, tapi dengan RAM segitu kalian memaksa menjalankan beberapa program yang berat, seperti Adobe Primer dan Photoshop secara bersamaan.

4. Membuka Banyak Tab Pada Browser
Solusi Laptop Lemot
Terlalu banyak membuka tab di browser, jika kamu menggunakan browser seperti mozila, explore, chorme, dsb. Kamu tidak perlu membuka tab yang berlebihan, buka tab seperlunya saja, jangan terlalu boros membuka tab, nanti laptop kamu akan patah patah.

5. Hardisk Penuh

Solusi Laptop Lemot
Bagi anda yang sering melakukan download, kebiasaannya pasti menyimpan dibagian download yang terdapat pada direktori c. Seharusnya pada direktori c ini berisi system saja.

6. Ekstensi Browser Terlalu Banyak

Solusi Laptop Lemot
Banyak terinstal Add-ons, apa itu add-ons ? jadi, add-ons adalah sebuah fungsi tambahan yang disediakan oleh browser yang biasanya berhubungan dengan kegiatan berselancar di internet, misalkan untuk download file ( Internet Download Manager), konversi ke pdf, Adblocker, dsb. Semakin banyak Add-ons terinstal, saat kamu membuka browser pasti akan terasa sangat lambat.

7. Virus

Solusi Laptop Lemot
Laptop diserang oleh virus, nah buat kalian yang sering download file yang bajakan, hati-hati terhadap virus, jangan sembarang download file, nanti virus juga akan ikut masuk ke laptop atau pc.

8. Anti Virus Terlalu Aktif

Terkadadang antivirus sendiri yang bikin masalah, dia hipper aktif dalam melakukan pengecekan sehingga membuat laptop berjalan lambat.

9. Laptop Sering Sleep 

Solusi Laptop Lemot
Bagi anda yang sering menggunakan laptop, jika sudah selesai dipakai, sebaiknya laptop langsung di shutdown, jangan dibiarkan sleep. Walaupun dia masuk dalam fungsi sleep, laptop juga tetap bekerja. Kalau sering dibiarkan sleep, laptop akan lemot deh.

10. Jarang di Bersihkan

Karna jaranga melakukan pembersihan, kipas yang ada pada motherboard jadi lebih lambat, sehingga dapat membuat laptop cepat panas, dan lemot. Kalau kalian mau tau bagaimana caranya untuk membersihkan laptop kalian bisa cek di Tutorial membersihkan laptop biar awet.

11. Jarang Melakukan Update Pada OS

Solusi Laptop Lemot
Alasan lain laptop lemot adalah kita jarang melakukan update operating system. Mungkin beberapa dari kita ada yang mematikannya, iya memang agak mengganggu, namun jika ada waktu luang, sekali-kali bisa lakukan update agar os tidak terlalu ketinggalan.

12. Terlalu Banyak Perintah 

Jika kita ingin membuka sebuah software, jangan terlalu memaksa dengan melakukan banyak klik, ada baiknya kita menunggu sejenak agar laptop bisa membiasakan dirinya dulu.

Nah itu adalaha beberapa kesalahan ataupun penyebab dari laptop lemot, nah sekarang kita akan melihat bagaimana mengatasi laptop lemot.

Cara mengatasi laptop lemot untuk windows 7, 8, dan 10

1. Melakukan Instal Ulang

Banyak dari kita jika sudah merasa laptop menjadi lambat kita langsung mengambil tindakan untuk segera melakukan instal ulang, memang cara ini begitu efektif namun akan memakan waktu yang begitu lama.

2. Gunakan Software Pihak Ketiga

Software pihak ketiga juga dapat membantu kinerja pc, untuk aplikasi pemacu kerja laptop kalian bisa lihat aritkelnya langsung. Aplikasi ini juga telah terbukti work oleh beberapa orang.

3. Melakukan Perawatan Pada Hardware 

Perawatan disini yang dimaksud adalah kebersihan dari kipas pendingin laptop, motherboard, dan komponen lainnya.

4. Menjalankan Aplikasi Yang di Perlukan

Salah satu penyebab laptop lambat adalah saat kita membuka banyak program. Jadi untuk mengatasinya kita perlu membuka program yang dibutuhkan saja, jangan boros memori.

5. Mengganti HDD ke SSD

Gantilah HDD yang sudah lama, kalian bisa menggantinya ke SSD agar saat booting menjadi lebih cepat, cara ini sudah terbukti oleh admin sendiri. Jika kalian perlu untuk sistem, ukuran 120GB saja sudah cukup.

6. Langsung Shutdown

Seperti yang sudah disebutkan tadi, salah satu efek laptop lemot adalah membiarkan laptop tersleep. Jadi mulai sekarang dibiasakan langsung matikan kalau tidak dipakai ya.

7. Menghapus Program Startup

Agar laptop jadi lebih fast, kalian bisa menutup beberapa program yang tidak diperlukan, silahkan menuju ke task manager, dan pilih disable.

8. Kurangi Ekstensi

Kalian bisa menonaktifkan, atau menghapus beberapa ekstensi yang tidak dibutuhkan, cukup pakai yang diperlukan saja.

9. Menggunakan Sofware Ringan

Jika laptop kalian tidak sanggup menjalankan program yang kalian inginkan, coba gunakan program yang lebih rendah (tahun sebelumnya).

10. Hapus Software Yang Tidak Perlu

Kalau ada software yang tidak diperlukan hapus saja, karena bakal menjadi beban laptop saja.

11. Melakukan Check Virus

Dengan melakukan scan minimal seminggu sekali, itu dapat membuat laptop menjadi lebih stabil.

12. Upgrade RAM

Jika kalian sebelumnya memiliki ukuran ram 2 GB atau 4 GB sebaiknya kalian mengupgrade ke 8GB atau lebih tinggi lagi. Tapi kalian perlu perhatikan maksimal kapasitas ram pada laptop.

13. Membersihkan Desktop

Pada bagian desktop sebaiknya taruh aplikasi yang sering dibuka saja, jangan biarkan jadi semak.

14. Bersihkan Disk C

Pada disk c, jangan kalian simpan file yang ukuran besar pada disk c, biarkan disk c berisi file untuk sistem saja.

15. Gunakan Coolingpad atau Vacum

Untuk menjaga suhu laptop agar lebih stabil suhunya. Kalau suhu di laptop panas itu dapat membuat laptop juga lemot.


List diatas adalah beberapa yang sering di share oleh orang lain, berikut ini ada cara mengatasi laptop lemot tanpa harus menggunakan pihak ketiga, kita hanya memerlukan CMD saja.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan CMD

Untuk kalian yang belum pernah mencoba cara ini, saya beri tahu bahwa cara ini adalah aman. Mengapa saya berani bilang aman? karena saya sendiri sudah mencobanya. Sekarang silahkan anda coba, mari disimak caranya.

1. windows + r.

2. ketik %temp%.

Solusi Laptop Lemot Untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10
3. hapus semua file yang ada di foldernya, jika ada yang gakbisa kehapus biarin aja, karena itu bawaan.

Solusi Laptop Lemot Untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10
File bawaan yang tidak bisa dihapus


4. kemudian buka lagi, windows + r.
5. ketik temp (kali ini tanpa tanda "%"), hapus file yang ada disitu, jika ada yang gakbisa kehapus biarin aja, karena itu juga bawaan.
Solusi Laptop Lemot Untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10

6. selesai deh.



Kesimpulan


Untuk menjaga kualitas laptop agar lebih awet, ada baiknya kalian menjaga laptop kalian dengan menggunakan program yang seperlunya saja. Dari segi eksternal kalian bisa menggunakan aksesoris seperti fan cooling, vacum cooling, dsb. Gunakan software pihak ketiga untuk melakukan pembersihan rutin. Biasakan melakukan pembersihan 1 minggu sekali.

Nah itu saja cara mengatasi laptop lemot dari kami ya.
Jika kalian memiliki masalah pada hardisk kalian bisa melihat tutorial chkdsk pada harddisk untuk all windows.
Semoga bermanfaat untuk kalian ya.


Berlangganan via Email